fbpx
Menu Tutup

Peluang Usaha Parfum di Makassar dan Cara Memulainya

Makassar sebuah kota yang ramai penduduk tentu menjadi lokasi yang bagus untuk memulai usaha parfum. Apalagi wangi parfum disukai oleh semua orang yang mana konsumennya mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, tak terbatas pria maupun wanita.

Peluang Usaha Parfum dan Persiapan untuk Memulainya

Parfum adalah campuran senyawa beraroma dengan minyak esensial menghasilkan bau wangi saat disemprotkan pada anggota tubuh. Saat ini parfum dijual di pasaran dengan berbagai harga dari yang murah hingga yang mahal.

Memulai Usaha Parfum Tidak Butuh Modal Besar

Jika kamu ingin memulai usaha parfum dan memiliki budget minim, jangan khawatir. Karena saat ini ada usaha parfum isi ulang yang tidak membutuhkan modal awal yang besar. Oleh karena itu, siapa saja bisa melakukannya bahkan mahasiswa pun bisa menjalankan usaha ini secara part time.

Di sini, kamu bisa mencari supplier ataupun produsen  untuk dijual produk parfumnya. Untuk mendapatkan harga murah perlu lakukan survey ataupun riset terlebih dulu, boleh melalui internet ataupun survey langsung. Pilihlah produsen ataupun supplier parfum yang berkualitas agar nanti lebih mudah mendapatkan pelanggan tentunya dengan wangi yang enak dicium. Indonesia memiliki banyak produsen parfum mencari agen penjual produknya.

Konsumen Usaha Parfum

Sudah disebutkan di atas bahwa konsumen parfum di Makassar tak terbatas, artinya banyak sekali. Baik pria ataupun wanita pastinya menyukai parfum, bahkan parfum pun disukai oleh anak-anak dan remaja. Hal ini membuktikan peluang usaha parfum Makassar masih  bagus untuk dijalankan.

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang menyukai aroma dan varian parfum yang sama. Maka, kamu juga harus menjual banyak varian dengan ragam pilihan aroma menarik. Ini adalah salah satu trik menarik banyak pelanggan karena konsumen pasti tidak suka datang ke toko yang hanya menjual satu varian parfum saja.

Lokasi Usaha Parfum

Lokasi untuk menjalankan usaha tentulah harus strategis artinya yang bisa dengan mudah dijangkau oleh target pasar. Tidak membangun bisnis di area terpencil, apalagi di lokasi yang tidak ada orangnya. Sebaiknya, menjual parfum di dekat jalan raya ataupun di area yang banyak di lalui orang.

Untuk mengetahui lokasi yang tepat, juga perlu melakukan survey terlebih dulu. Jika kamu merasa di tempat tinggalmu sulit mendapat lokasi yang pas, coba keluar lagi dari rumah, jalan-jalan perhatikan dengan baik. Pelan-pelan mempertimbangkan apakah nanti kalau memilih lokasi tersebut berpeluang memperoleh banyak konsumen. Setelah itu, pasti akan menemukan lokasi yang pas.

Langkah Promosi Usaha Parfum

Promosi bisnis saat ini sangat mudah sebab kecanggihan teknologi sangat membantu. Sudah ada platform atau marketplace yang bisa dimanfaatkan untuk berjualan. Ada juga media sosial seperti Whatsapp, Instagram, Telegram, Twitter hingga sosial media lainnya banyak digunakan dan terbukti mampu meningkatkan penjualan.

Kunci sukses dalam usaha parfum adalah branding dan promosi.  Jadi, manfaatkan teknologi yang ada sebaik mungkin. Jika ingin promosi secara offline boleh dengan cara bagikan brosur, adakan event ataupun promo dan bergabung dalam event-event suatu komunitas atau organisasi.

Berbicara tentang promosi parfum tidak sulit karena saat ini media sosial memang sudah menciptakan bagiannya sendiri untuk berbisnis. Jika masih awam teknologi, tinggal belajar lagi untuk memahami semua tools-nya. Karena jika hanya mempromosikan produk secara offline aja tidak akan maksimal penjualan dibandingkan memanfaatkan kedua cara yaitu offline disertai online.

Cara Memulai Usaha Parfum

Berbicara tentang peluang usaha parfum rasanya tidak lengkap jika tidak berbicara cara memulai. Apalagi untuk pelaku usaha pemula, pastilah harus tahu cara menjalankan bisnisnya agar lebih mudah dipraktikkan.

  1. Siapkan Modal Usaha

Modal adalah hal yang krusial dalam dunia bisnis termasuk usaha parfum. Karena tanpa ada modal, meskipun pelaku usaha bermimpi setinggi langit tetap tidak bisa terwujud. Jika ingin menjadi besar maka lebih dulu dimulai dari hal kecil. Begitu juga jika ingin membangun usaha parfum yang besar dan sukses, harus mulai dengan modal awal dulu untuk bangun usaha kecil-kecilan. Namun, jika kamu memang punya cukup budget tak masalah langsung membuka usaha skala besar. Tetapi yang perlu diketahui oleh semua pelaku usaha pemula bahwa menjalankan bisnis parfum tidak membutuhkan modal yang besar.

  • Mencari Supplier atau Produsen Bibit Parfum

Jika ingin menjual parfum maka pelaku usaha tentunya butuh bibit parfum. Pemasok bibit parfum  juga tidak sulit ditemukan sebab di internet banyak yang menjualnya. Namun, jangan sembarangan memilih sebab kamu tidak melihat langsung bibitnya ke lokasi. Apalagi pemesanan online yang marak penipuan membuatmu harus memilih produsen atau supplier yang memang bisa dipercaya, memberikan bibit berkualitas tanpa ada cacat sedikitpun.

Jika bibit yang kamu dapat tidak berkualitas atau ada kecurangan dari pemasok, akan sangat merugikanmu. Pelanggan akan ragu untuk kembali ke toko parfummu bahkan mereka bisa pindah ke toko parfum competitor.

  • Persiapan Tempat Usaha

Setelah modal, komponen penting selanjutnya adalah tempat usaha. Tidak harus besar saat baru memulai usaha, setidaknya tempat usaha yang bisa digunakan sebesar 4×4 meter. Jika lebih kecil dari ini tentu sulit bergerak nantinya apalagi jika ada pelanggan yang datang. Tidak mungkin harus berdesak-desakan dengan konsumen  lain, malahan membuat bisnis tidak berjalan dengan baik.

Saat memilih ukuran tempat usaha, tentu harus mempertimbangkan modal juga. Jika memang memiliki modal minim, maka minimal tempat usaha ekitar 4×4 meter. Sebaiknya tidak lebih kecil dari ukuran tersebut, lebih besar lebih baik.

  • Siapkan Desain dan Isi Toko

Desain toko dibuat meriah, terang dan senyaman mungkin. Pelaku usaha pasti sudah ada gambaran bagaimana toko yang diinginkan, mulai dari pilihan warna dominan ruangan, desain lemari hingga yang lainnya. Toko yang memiliki pencahayaan bagus dengan warna yang cerah menarik pengunjung untuk datang ke  toko.

  • Siapkan Katalog dan Contoh Parfum

Katalog yang dibuat berisi nama-nama parfum yang tersedia di toko ataupun yang bisa melakukan Pre order. Boleh juga dibuat lengkap dengan harga dan aroma yang terkandung dalam masing-masing varian. Sehingga pelanggan lebih mudah memilih apa yang diinginkan.

Tidak hanya menyediakan katalog saja, tetapi juga mempersiapkan contoh parfum berupa biang parfum. Siapkan saja dalam botol roll kecil untuk tester, jangan lupa beri kode parfum untuk pria dan parfum untuk wanita. Cara ini memudahkan konsumen dalam melihat dan bisa mencium langsung wangi yang diinginkan.

  • Mempersiapkan Etalase Toko

Etalase untuk toko parfum hingga kini banyak pilihan ukurannya. Tergantung kamu membutuhkan yang mana dan sesuaikan dengan budget tentunya. Meja dan kursi juga harus disediakan di toko agar pelanggan saat berkunjung tidak lelah berdiri. Siapkan botol parfum serta alkohol, memilih botol parfum yang unik atau berbeda dari toko lainnya.

  • Pelayanan Ramah dan Fast Respon

Layani konsumen yang datang ke toko parfum dengan baik. Jangan membeda-bedakan pelayanan untuk konsumen dari kalangan atas dan kalangan bawah. Siapapun  yang datang ke toko berhak mendapat perlakukan baik dari pemilik toko dan karyawannya.

Jika kamu sudah memiliki karyawan, ajarkan sikap dan etika yang baik melayani pelanggan. Namun, sebelum itu jika kamu masih pemula dan belum mengerti betul cara melayani konsumen, maka juga harus belajar terlebih dulu.

Apapun kejadiannya, tetap layani konsumen dengan baik. Meskipun saat itu kamu sedang ada masalah di rumah atau masalah lain, jangan lampiaskan emosi pada konsumen. Kesampingkan dulu hal-hal lain agar konsumen merasa didengarkan, diperhatikan dan dilayani dengan baik. Pelayanan yang diberikan berdampak pada perkembangan usaha parfum dan jumlah konsumen yang datang. Jika pelayanan yang bagus, jangankan konsumen tetapi kamu sendiri saat belanja ke toko lain pasti tidak nyaman jika diberi perlakukan buruk.

  • Infokan kepada Keluarga dan Kerabat

Jika ingin melakukan promosi pertama akan lebih baik pada kerabat dan keluarga dulu. Sebab orang yang lebih dekat denganmu mudah memberi kritik dan saran tentang toko dan varian aroma parfum serta berbagai peralatan lainnya.

Jika mereka penasaran dan ingin langsung mencoba, tentu sangat menguntungkan untukmu. Apalagi setelah melakukan tester langsung membeli satu atau 2 botol. Jadi, kamu sudah memiliki pelanggan dan mintalah testimoni ataupun review dari mereka. Hal ini memudahkan kamu menggaet konsumen berikutnya.

  • Berikan Diskon untuk Pembelian Nominal Tertentu

Memberikan diskon sesekali juga salah cara yang bagus untuk membuat pelanggan tidak berpindah ke toko lain. Siapa yang tidak suka dengan barang diskon? Hampir semua orang suka apalagi jika dapat diskon sampai 50 persen.

Pelaku usaha boleh saja memberikan diskon untuk konsumen yang memborong parfum hingga puluhan botol. Jangan takut rugi, karena saat parfum sudah laku banyak pastinya kamu sudah mendapat untung banyak. Memberikan diskon sesekali pun tidak akan membuat usahamu bangkrut. Apalagi jika ada pelanggan setia yang selalu beli di tokomu padahal banyak toko lain, memberi diskon sebagai ucapan terima kasih karena sudah bersedia beli di tempatmu.

Selain itu, jika pelanggan pertama sudah mendapat diskon bisa saja mengajak teman-temannya untuk beli di tempatmu. Hal ini tentu menguntungkan bisnismu, tidak perlu repot-repot cari konsumen baru karena akan datang sendiri ke toko.

  1. Memasang Ads di Facebook dan Instagram

Masuk ke cara promosi agar parfum yang kamu jual dikenal lebih luas lagi dengan memasang ads di media sosial yaitu Facebook dan Instagram. Menggunakan sistem ads ini kamu tidak perlu repot-repot promosi ke sana ke sini sebab sudah dijalankan otomatis yang langsung bisa dilihat oleh pengguna media sosial.

Orang-orang sebagai target pasar bisa dijangkau lebih mudah yang mana di dunia nyata kamu sulit menjangkaunya. Apalagi pengguna media sosial  saat ini sudah ribuan bahkan jutaan dan milyaran dari berbagai daerah, sehingga peluang meningkatkan penjualan lebih besar. Untuk memasang ads ini butuh biaya, namun tidak  terlalu mahal  bahkan bisa dibilang sangat sedikit jika dibandingkan peningkatan penjualan produkmu nantinya.

  1. Berjualan di Marketplace

Hal ini juga sudah disinggung di atas dimana kamu dapat memanfaatkan marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli ataupun marketplace yang lain. Asalkan kamu bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, kesempatan untuk promosi terbuka lebar.

Menggunakan marketplace pun memberikan keuntungan yang tidak sedikit untukmu. Keamanan yang terjamin saat menjangkau konsumen yang berada jauh dari lokasimu. Apalagi jika sedang ada promo dan cashback pastinya menggiurkan para pengguna marketplace. Layanan pengiriman yang cepat dan akurat menjaga produkmu sampai ke tangan konsumen dengan aman tanpa cacat.

  1. Pisahkan Modal dengan Keuntungan

Saat parfummu sudah berhasil terjual, pastinya ada keuntungan yang kamu dapatkan. Nah, sisihkan untuk modal dan keuntungan agar manajemen keuangan bisnismu berjalan dengan baik. Perhitungkan jumlah uang masuk dan uang keluar dengan baik jika kamu ingin bisnismu terus berkembang.

Saat uang untuk modal sudah kembali, kamu bisa merencanakan modal untuk selanjutnya. Misalnya kamu ingin bangun toko parfum lebih besar lagi, ingin memasok lebih banyak varian lagi hingga mimpi-mimpi suksesnya usaha parfum.

Manajemen keuangan dalam usaha parfum sama pentingnya seperti bisnis lainnya. Bayangkan saja jika modal dan keuntungan langsung dicampur-adukkan, maka perkembangan bisnis tidak bisa dipantau dengan baik. Apakah penjualan semakin hari semakin meningkat atau malah menurun tidak bisa diketahui pasti. Oleh karena itu, banyak pebisnis yang bangkrut karena tidak tahu cara mengelola keuangan bisnisnya. Belajar dari hal itu, kamu perlu mengatur dengan baik yang mana modal dan mana keuntungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *